23 Februari 2011

Begadang Menyebabkan Kanker


Begadang menyebabkan kanker
Mendengar nama penyakit “kanker”, tentu semua orang sangat takut. Ya, ini adalah penyakit yang dapat membunuh seseorang. Kita telah mendengar bagaimana kanker payudara merenggut masa depan seorang wanita. Tidak dapat dipungkiri hal ini telah menjadi sesuatu yang menakutkan.
Sampai saat ini masih terus dilakukan penelitian perihal obat untuk menghilangkan dan menyembuhkan kanker. Beberapa penelitian juga terus dilakukan untuk mengetahui penyebab dan munculkan sel kanker. Sebuah penelitian dilakukan oleh Thomas C Erren dari University of Cologne, sebuah fakta baru mengungkapkan seperti yang dikutip oleh Deutsches Arzteblatt International yaitu begadang dapat menyebabkan kanker. Bagaimana hal tersebut bisa terjadi?

  1. Adanya cahaya terang di malam hari akan menekan produksi melatonin, senyawa yang secara langsung dan tidak langsung mencegah pertumbuhan kanker.
  2. Perubahan pola tidur akan mempengaruhi otak untuk melepaskan glucocorticoid, senyawa yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh.
  3. Perubahan pola tidur secara tidak langsung membuat pertumbuhan sel dan jaringan lebih sulit dikendalikan.
  4. Perubahan pola tidur membuat tubuh kurang optimal dalam memproduksi vitamin D.
Oleh karena itu bagi para pekerja malam yang ditugaskan untuk shift agar memperhatikan pola hidup sehat. Jangan terlalu banyak merokok dan minum alcohol. Thomas C Erren telah melakukan penelitian ini terhadap hewan tetapi hasilnya dapat juga terjadi pada manusia. Intinya adalah jagalah pola hidup dan kesehatan karena begadang dapat menyebabkan kanker, semoga hal ini dapat mengurangi resiko terkena kanker payudara.

Semoga Bermanfaat
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...