18 September 2014

Kisah Penuh Makna ..Coba Kita Renungkan..

Jerman adalah sbuah negara industri terkemuka. Di negara seperti ini, banyak yg mengira warganya hidup foya foya.
Ketika saya tiba di Hamburg, saya bersama rekan- rekan masuk ke restoran. Kami lihat banyak meja kosong. Ada satu meja dimana sepasang anak muda sedang makan. Hanya ada 2 piring mkanan & 2 kaleng minuman di meja mereka.
Saya bertanya dalam hati apa hidangan yg begtu simple dapat disebut romantis & apa si gadis akan mninggalkan si pemuda kikir tsb?
Kemudian ada lagi beberapa wanita tua di meja lainnya. Ketika mkanan dihidangkan, pelayan membagi mkanan tsb & mereka menghabiskan tiap butir mkanan yg ada di piring mrk.
Karena kami lapar, rekan kami pesan lebih banyak mkanan. Saat selesai, tersisa kira2 sepertiganya yg tidak dapat kami habisin di meja. Begitu kami hendak meninggalkan restoran, wanita tua yg dari meja sebelah berbicara pd kami dlm bahasa Inggris, kami dan teman2 paham bahwa mereka tidak senang kami memubazirkan mkanan.
Lalu temanku berkata kepada wanita tua itu : "Kami yg bayar kok, bukan urusan kalian berapa banyak makanan yg tersisa",
Wanita wanita  itu meradang. Salah satunya segera mengeluarkan HP & menelpon seseorang. Sebentar kemudian seorg lelaki berseragam Sekuritas Sosial pun tiba. Setelah mendengar tentang sumber masalah pertengkaran, ia menerbitkan surat denda Euro 50 (kira2 denda rp. 750.000) pada kami.
Kami smua terdiam..
Petugas berseragam tsb berkata dgn suara yg galak, :“PESAN HANYA YG SANGGUP ANDA MAKAN, UANG ITU MILIKMU TAPI SUMBER DAYA ALAM INI MILIK BERSAMA. ADA BANYAK ORG LAIN DI DUNIA YG KEKURANGAN. KALIAN TIDAK PUNYA ALASAN UTK MENSIA-SIAKAN SUMBER DAYA ALAM TSB.”

Pola pikir dari masyarakat di negara makmur tersebtu membuat kami semua malu bener, KAMI SUNGGUH HARUS MERENUNGKAN HAL INI. Kita ini dari negara yg tidak makmur - makmur  amat. Untuk gengsi, kita sering pesan banyak & sering berlebihan saat menjamu orang.
PELAJARAN INI MENGAJARI KITA UTK SERIUS MENGUBAH KEBIASAAN BURUK KITA.
“MONEY IS YOURS BUT RESOURCES BELONG TO THE SOCIETY.”
Jd kawan kawan , mari mulai mengurangi pemubadziran, karna"uang memang milikmu, tapi ... " sumber daya alam itu milik bersama ".

#ayorenungkan

sumber : Status Fb temen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kritik Dan Saran via Email : rnfitri1979@gmail.com

Terima Kasih Atas Komentar Kerennya Sobat..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...