24 Februari 2011

Tips Belanja Bahan Pangan


1.Periksa dulu di lemari, barang-barang apa saja yang masih tersedia. Jangan membeli barang yang masih ada, bisa mubazir. Atau nanti kelebihan stok yang berakibat kedaluwarsa.
2. Buatlah catatan, berapa banyak biaya belanja hari ini. Batasi untuk menghindari pembelian impulsif. Dan bawalah daftar itu saat Anda berbelanja.
3. Belilah lebih banyak kalau ada produk makanan sedang diobral. Syaratnya jangan sampai melebihi kebutuhan untuk sebulan, juga bukan makanan yang cepat busuk, atau kedaluwarsa. Susunlah menu makan keluarga Anda sesuai stok barang yang tersedia.
4. Belilah barang-barang yang di beri harga khusus kalau barang itu memang kita butuhkan.
5. Belilah barang generic bila memungkinkan. Membeli gula pasir dengan merk tertentu misalnya biasanya harganya lebih mahal jika dibandingkan dengan gula pasir kiloan tanpa merek.
6. Barang-barang yang laku biasanya dipajang sejajar mata supaya gampang mengambilnya. Tapi ada juga toko yang pendekatannya lain. Barang laku dtempatkan di paling bawah atau paling atas, sementara di area sejajar mata ditempatkan barang mahal atau marginnya paling tinggi. Periksalah dengan cermat, jangan sampai terkecoh.
7. Prioritaskan membeli barang-barang yang sering dipakai. Bila kehabisan, dan toko menempatkan barang penggantinya di sana, harganya belum tentu bagus.
8. Bila Anda memperoleh kupon diskon, jangan lupa untuk menukarkannya bila saatnya tiba. Jangan sampai keselip atau terbuang dijadikan mainan oleh si bungsu.

Sumber : Smart Shopping
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...