7 November 2012

Keistimewaan Air Zam Zam

SUDAH tidak asing lagi setiap tahun para jamaah haji selalu membawa air Zamzam. Namun tidak banyak yang tahu bagaimana sumur Zamzam bisa mengeluarkan puluhan juta liter air pada satu musim haji, tanpa pernah kering satu kali pun.
Adalah Tariq Hussain, seorang insinyur kimia yang bekerja di Instalasi Pemurnian Air Laut Kota Jeddah, mendapat tugas untuk menyelidiki misteri air Zamzam. Tidak terbayangkan sebelumnya bagaimana sumur Zamzam bisa menyimpan dan menghasilkan air yang begitu banyak dan tidak terbatas.
Ketika sampai di dalam sumur, Tariq amat tercengang ketika menyaksikan bahwa ukuran “kolam” sumur itu hanya 5 x 4 meter. Sungguh di luar perkiraan, bagaimana caranya sumur sekecil ini bisa mengeluarkan jutaan galon air setiap musim haji. Hebatnya lagi, sumur ini terus menghasilkan air sejak ribuan tahun yang lalu, sejak zaman Nabi Ibrahim AS.
Penelitian menunjukkan, mata air Zamzam bisa memancarkan air sebanyak 11-18 liter air per detik. Dengan demikian, setiap menit akan dihasilkan 660 liter air walaupun berasal dari sumur yang kecil, sungguh mencengangkan. Tariq mulai mengukur kedalaman air sumur. Dia minta asistennya masuk ke dalam air. Ternyata air sumur itu hanya mencapai sedikit di atas bahu pembantunya yang tinggi tubuhnya 5 feet 8 inci. Lalu dia menyuruh asistennya untuk memeriksa, apakah mungkin ada cerukan atau saluran pipa di dalamnya. Setelah berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya, ternyata tidak ditemukan apapun!
Mampu Membunuh Kuman
Dari hasil penelitian sampel air yang dilakukan oleh para peneliti Eropa dan Arab Saudi menunjukkan bahwa air Zamzam mengandung zat Fluorida yang cukup efektif membunuh dan membasmi kuman, layaknya seperti sudah mengandung obat. Perbedaan air Zamzam dibandingkan dengan air sumur lain di kota Mekah dan Arab sekitarnya adalah lebih banyak mengandung Kalsium dan garam Magnesium. Inilah yang menyebabkan air Zamzam membuat efek menyegarkan bagi jamaah haji yang kelelahan. Keistimewaan lain, komposisi dan rasa kandungan garamnya selalu stabil, selalu sama dari sejak terbentuknya sumur ini. Rasanya selalu terjaga, dan ini diakui oleh semua jemaah haji dan umrah yang selalu datang tiap tahun.
Bisa Menyembuhkan Penyakit
Rasulullah SAW bersabda ”Sesungguhnya, Zamzam ini air yang sangat diberkahi, ia adalah makanan yang mengandung gizi”. Kemudian Nabi SAW menambahkan: “Air Zamzam bermanfaat untuk apa saja yang diniatkan ketika meminumnya. Jika engkau minum dengan maksud agar sembuh dari penyakitmu, maka Allah menyembuhkannya. Jika engkau minum dengan maksud supaya merasa kenyang, maka Allah mengenyangkan engkau. Jika engkau meminumnya agar hilang rasa hausmu, maka Allah akan menghilangkan dahagamu itu. Ia adalah air tekanan tumit Jibril, minuman dari Allah untuk Ismail.”(HR Daruqutni, Ahmad, Ibnu Majah, dari Ibnu Abbas). Dalam riwayat lainnya disebutkan “Sebaik-baik air di muka Bumi adalah air Zamzam, di dalamnya ada makanan yang mengenyangkan dan obat yang menyembuhkan penyakit.” (HR. Thabrani dan Ibnu Hibban)
Dalam penelitian ilmiah yang dilakukan di laboratorium Eropa, terbukti bahwa air Zamzam memang berkhasiat dan berbeda dengan air lainnya yang ada di dunia. Beberapa kelebihan air Zamzam dibandingkan dengan air lain di antaranya:
1.Kadar Kalsium dan garam Magnesiumnya lebih tinggi dibanding air dari sumur lainnya, hingga berkhasiat untuk menghilangkan rasa haus dan efek penyembuhan.
2.Zamzam juga mengandung zat fluorida yang berkhasiat memusnahkan kuman-kuman yang terdapat dalam kandungan airnya.
3.Tidak ada sedikit pun lumut di sumur ini. Zamzam selalu bebas dari kontaminasi kuman.
4. Pada saat semua sumur air di sekitar Mekah dalam keadaan kering, sumur zamzam tetap berair. Zamzam memang tak pernah kering sepanjang zaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kritik Dan Saran via Email : rnfitri1979@gmail.com

Terima Kasih Atas Komentar Kerennya Sobat..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...