29 Januari 2012

Durian - Durian Unik Di Indonesia

Di Indonesia, ada tiga jenis durian unik yang sedang dikembangkan.

Durian Merah
Merupakan durian hasil persilangan. Banyak ditemukan di Kutai, Kalimantan Timur, dan Banyuwangi, Jawa Timur. Bentuk buahnya lonjong dengan warna kuning langsat dan duri kulit berbentuk lancip, langsing, serta rapat. Berat buah 3½ – 5 kg. Daging buah berwarna merah, sangat tebal, berlemak, tekstur halus, sangat harum, dan manis.

Durian Gajah
Durian ini disebut-sebut sebagai durian termahal dan terenak. Mirip kopi luak, durian ini diperoleh dari kotoran gajah yang menyantap durian tanpa diolah di dalam perutnya. Durian ini sangat populer di hutan daerah Jakun, Malaysia, sejak tahun 1995. Di Lampung, jenis durian ini sedang dicoba ‘dibudidayakan’. Bentuk buahnya lonjong dan berwarna hijau kekuningan. Duri kulit buahnya berbentuk kerucut, kecil, dan agak jarang. Berat buah 1 – 2 kg. Daging buah sangat tebal, sedikit berlemak, halus, putih kekuningan, harum, dan manis.

Durian Gundul
Dikenal juga sebagai buah gundulan yang sangat langka karena lokasi tumbuhnya yang sulit (tepi jurang di kaki Gunung Rinjani, Lombok Barat). Meski namanya durian, kulitnya sama sekali tidak berduri. Bentuk buahnya bulat seperti melon dengan berat 800 – 900 gram. Warna daging buah putih kekuningan, tekstur sangat lunak. Aromanya sangat harum dan rasanya sangat manis.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...