24 Desember 2012

Membedakan Es Batu Air Mentah Dgn Es Batu Air Masak



Seringnya kita minum di luar rumah,membuat kita suka mikir ribuan kali.Apakah ( gaya feni rose ) tertawa
 minuman terutama yg menggunakan es batu aman utk dilibatkan di minuman favorite kita example:es campur,es doger,es teh dll yg make bala bantuan berupa bongkahan dingin es batu ..Karna kita gk tau seperti apa orang  membuat es batu,baik itu es batu produksi pabrik atau rumahan.Ada saja trik kotor dlm membuat es batu yg seharusnya di buat dgn air yg bersih dan air masak.Tapi malah di buat dari air gak jelas dari mana muasalnya dan tidak ada standar kebersihan dlm proses membuat es batu tsb. iihhh jijay banget khan ?? Demi mnghindari kita dari bakteri E-colly yg membahayakan utk pencernaan,baiknya kita tau dulu ciri2 es batu yg baik dgn es batu yg gk layak di konsumsi.Brrrrrrrrrr... dinginnnnnn....  

A. Ciri-ciri es batu yang terbuat dari air mentah:

1. Biasanya esnya berwarna putih, warna putih ini berasal dari udara yang terperangkap di dalam air, udara   tersebut tidak bisa keluar dari air karena tidak dipanaskan/tidak dimasak.

2. Setelah mencair biasanya akan terdapat banyak kotoran di termos tempat penyimpanan batu tersebut. Hal ini dapat terjadi karena biasanya air yang akan dibekukan berasal langsung dari pipa-pipa air sumur atau yang lainnya.

3. Berikut ini gambar Es batu yang terbuat dari air mentah 


Es batu berwarna putih
B. Ciri-ciri es batu yang terbuat dari air masak

1. Biasanya Esnya akan bening karena kurang mengandung udara di dalam air. Udara tersebut telah hilang pada saat air tersebut dimasak. Sifat udara adalah menguap bila dipanaskan.

2. Biasanya sisa-sisa es ini akan bersih bila telah mencair . Air yang dimasak walaupun kotor pasti akan di diamkan terlebih dahulu sampai dingin baru dibuat menjadi es. Kotoran yang terdapat pada air otomatis akan mengendap dan tidak ikut menjadi ES batu.

3; Berikut ini gambar Es batu yang terbuat dari air masak 

Es dari air masak terlihat lebih bening

       Itulah 2 cara membedakan es batu yang dibuat dengan air mentah dan es batu yang yang dibuat dari Air masak. Kalo sobat masih takut,jauh lebih baik bikin sendiri es batu di rumah.. hebat
 


 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kritik Dan Saran via Email : rnfitri1979@gmail.com

Terima Kasih Atas Komentar Kerennya Sobat..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...