18 Februari 2011

Merawat perhiasan jenis Perak



Hampir semua perhiasan perak sejatinya adalah perak murni yang telah dicampur dengan metal lain (biasanya tembaga), yang merupakan logam yang lebih kuat, namun cenderung akan memudar apabila tidak dirawat dengan baik.

Sebagian orang menggunakan pasta gigi untuk membersihkan perhiasan perak mereka, namun saat ini sebagian pakar perak memperingatkan untuk tidak menggunakan cara tersebut karena mereka yakin bahwa cara tersebut terlalu abrasif (membuat kasar) dan meninggalkan luka gores. Berikut beberapa tips sederhana untuk merawat perhiasan perak anda:
  1. Simpan perhiasan perak di tempat kering dalam kain atau tas khusus yang dapat menghindarkan dari pemudaran warna dan gesekan benda keras.
  2. Hindarkan perhiasan perak bersentuhan dengan zat kimia rumah tangga seperti zat pemutih atau amonia.
  3. Lepaskan perhiasan perak anda saat akan berenang dalam air dengan desinfektan chlorine.
  4. Perhiasan sterling silver yang dikenakan secara kontinyu kadangkala menyebabkan terjadinya "patina" yang unik, semacam keadaan di mana perhiasan membentuk bagian yang bercahaya namun dengan beberapa area yang gelap.  Agar selalu cerah dan berkilau dapat dibersihkan dengan deterjen bebas fosfat atau menggunakan "semir" perak (silver polish).
  5. Jika anda membutuhkan 'dokter' perhiasan perak, tukang perak lokal bisa jadi alternatif yang tepat untuk membantu merawat perhiasan perak anda.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...