20 Desember 2012

Film Habibie & Ainun Di Tonton Presiden Sby

                Film Habibie dan Ainun


Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Negara Hj Ani Bambang Yudhoyono serta Wapres Boediono dan Ibu Herawati menyaksikan penayangan perdana film Habibie & Ainun di Studio XXI Epicentrum, Taman Rasuna, Kuningan, Jakarta, Senin (17/12) pukul 15.30 WIB.
Saat tiba, Presiden SBY dan Ibu Ani didampingi langsung oleh Presiden ketiga RI Bacharuddin Jusuf Habibie yang menjadi tokoh sentral fim romansa ini. Sejumlah pendukung dan pemeran juga hadir, seperti produser Manoj Punjabi, sutradara Hanung Bramantyo, dan pemain utama, Reza Rahadian dan Bunga Citra Lestari atau BCL. Reza memerankan Habibie, sedangkan BCL menjadi tokoh Ainun, almarhumah isteri Habibie.

Film ini diadaptasi dari buku berjudul sama karya mantan Wapres dan Menristek era Soeharto tersebut, dan merupakan film perdana yang mengisahkan kehidupan seorang mantan Kepala Negara Republik Indonesia. Dalam film ini diceritakan romansa cinta Habibie dan Hasri Ainun Besari atau dikenal sebagai Ainun Habibie sejak masa muda hingga saat Ainun yang kala itu bertempat tinggal di Jerman untuk mendukung Habibie dalam segala kesulitan, hingga akhir hayatnya.

Reza dan BCL, pemeran Habibie dan Ainun, dipilih sendiri oleh BJ habibie. Saat proses penyeleksian pemain (casting) dan proyes syuting, mantan Presiden RI itupun terlibat langsung.
Habinbie & Ainun merupakan salah satu dari tiga film Indonesia yang akan disertakan pada ASEAN International Film Festival and Awards (AIFFA) 2013 di Kuching, Serawak, Malaysia, 28-30 Maret 2013. Dua film lainnya adalah 5 CM dan Cinta Tapi Beda.

Selain SBY dan Ibu Ani serta Wapres Boediono dan Ibu Herawati, hadir pula Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Mensesneg Sudi Silalahi, Seskab Dipo Alam, Mendikbud Mohammad Nuh, dan Menlu Marty Natalegawa. Terlihat pula mantan Wapres Try Sutrisno dan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo.

Bangga Pada Habibie

Seusai menyaksikan penayangan perdana film Habibie & Ainun, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono langsung mengajak para penonton mengheningkan cipta bagi almarhumah Hasri Ainun Besari, tokoh film tersebut yang adalah isteri Presiden ketiga RI BJ Habibie. “Marilah sejenak, kita mengheningkan cipta dan berdoa untuk Ibu Ainun, semoga beliau tenang di sisi Allah SWT,” kata Presiden.
Studio XXI Epiwalk, Taman Rasuna, Kuningan, Jakarta, pun hening sejenak. Mereka baru saja menyaksikan film perjalanan hidup dan cinta BJ Habibie-Ainun yang dibesut sutradara Hanung Bramantyo tersebut.

Mewakili rakyat Indonesia, SBY menyampaikan apresiasinya terhadap film yang diangkat dari buku BJ Habibie dengan judul sama tersebut. “Film Habibie & Ainun penuh dengan pembelajaran dan nilai-nilai yang patut dicontoh dan diteladani oleh siapapun. Disamping sisi yang nampak manusiawi, dengan tenang kita bisa melihat banyak nilai-nilai yang diwariskan oleh Ibu Ainun,” Presiden menyampaikan kesannya.
Sejak awal, di tengah perjalanan hidup, dan hingga akhir, pasangan Habibie dan Ainun selalu penuh kasih sayang dan saling memperkuat satu sama lain, hingga saat-saat terakhir Ibu Ainun dipanggil oleh Allah SWT.

Menurut Presiden, film yang dibintangi Reza Rahadian dan Bunga Citra Lestari, sebagai pasangan Habibie-Ainun, ini juga memberi inspirasi bahwa dalam kehidupan rumah tangga, prinsip love, caring, sharing harus selalu dijaga.
“Sisi lain sosok Habibie ada pada Ainun yang patut kita beri apresiasi yang tinggi. Semoga generasi penerus yang akan memimpin Indonesia nantinya akan bisa meneladani kekuatan Pak Habibie pada energi, visi, dan semangatnya,” SBY menambahkan.

Presiden juga menyampaikan kebanggaannya pada Bapak Teknologi Indonesia ini. “Habibie adalah kebanggaan Indonesia. Pemimpin yang ikut mengukir sejarah, utamanya pada masa-masa yang paling menentukan, yaitu masa reformasi,” Presiden SBY menjelaskan. “Terima kasih atas pengabdian Bapak dan kami bangga memiliki Bapak,” ujar Presiden SBY.
Film Habibie & Ainun merupakan salah satu wakil Indonesia yang akan disertakan dalam Festival Film ASEAN 2013 di Serawak, Malaysia. Film ini mengisahkan perjalanan hidup dan cinta BJ Habibie-Hasri Ainun Besari.

Habibie-Ainun menikah pada 12 Mei 1962. Habibie pernah tinggal di Jerman, sebelum dipanggil kembali ke Tanah Air untuk mengembangan teknologi, terutama teknologi kedirgantaraan. Pernah menjadi Kepala BPPT merangkap Menristek, Habibie akhirnya menjadi Wakil Presiden dan Presiden ketiga RI. Ainun Habibie meninggal dunia pada 22 Mei 2010 di sebuah rumah sakit di Jerman. Habibie pernah menyebut sang isteri sebagai separuh jiwanya.


sumber : mbahgoogle
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...