28 Desember 2012

Potret Suku Maya Zaman Sekarang..

Inilah Potret Masyarakat Suku Maya Saat Ini...
Peradaban Suku Maya (© (c) Rafael Estefanía)

Banyak orang berpikir bahwa peradaban Suku Maya telah berakhir, namun anak-cucu mereka masih hidup hingga hari ini. Suku Maya memprediksikan bahwa akhir dunia akan tiba pada hari ini 21 Desember 2012. Namun, bagi Suku Maya sendiri, dunia mereka berakhir pada abad kesembilan. Populasi mereka telah habis dan kota mereka yang besar terabaikan.Peradaban Suku Maya (© (c) Rafael Estefanía)

Penyebab malapetaka umat manusia ini adalah akibat perubahan iklim yang menggembar-gemborkan bencana kekeringan yang sangat lama. Tanaman gagal panen, tanpa makanan dan cadangan air, jutaan orang Maya meninggal karena kelaparan dan kehausan.Peradaban Suku Maya (© (c) Rafael Estefanía)

Namun orang Maya tidak sepenuhnya punah. Mereka yang berhasil selamat tersebar di seluruh Semenanjung Yukatan, menetap dengan masyarakat pedesaan -  jauh berbeda dengan pusat-pusat kota besar yang penuh dengan kemewahan.Peradaban Suku Maya (© (c) Rafael Estefanía) 

Warisan agama Katolik masih bertahan di daerah Izamal, Yukatan. Meskipun begitu, pada abad ke-16, Uskup Diego de Landa dari Spanyol memimpin penindasan pada tradisi suku Maya dengan membakar 40 naskah Maya kuno dan sekitar 20.000 foto suci di Gereja Fransiscan pada Juli 1562.
Peradaban Suku Maya (© (c) Rafael Estefanía)

Perawakan pendek orang Maya yang dibandingkan dengan orang-orang dari Amerika Tengah masih ada hingga saat ini. Penelitian antropologi menunjukkan bahwa rata-rata perempuan suku Maya kuno memiliki tinggi tubuh kurang dari 146 cm.

 Peradaban Suku Maya (© (c) Rafael Estefanía)

 Elemen yang selalu ada di rumah sederhana dari orang Maya adalah tempat tidur gantung Yukatan tradisional. Di rumah penduduk asli suku Maya, tempat tidur gantung tersebut merupakan satu-satunya furnitur yang ada di rumah 

Peradaban Suku Maya (© (c) Rafael Estefanía)

Dua gadis muda berpose dengan menggunakan huipil, pakaian tradisional dari Semenanjung Yukatan yang diperkenalkan bangsa Spanyol untuk ‘melindungi moral.’ Sebelum penjajah datang, perempuan suku Maya selalu keluar dengan bertelanjang dada.


Sumber :MbahGoogle




Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...