14 Desember 2012

Waspada BAKSO Dgn Campuran Daging Babi

Kemarin waktu aku nonton TRansTV ada Kabar tentang penemuan kios penggilingan daging untuk bakso yang mengandung daging babi oleh jajaran Polda Metro Jaya dan Seksi Pengawasan dan Pengendalian Suku Dinas Peternakan dan Perikanan Jakarta .Ada dugaan bahwa pemilik tempat penggilingan bakso sengaja mencampurkan daging babi ke dalam baksonya karena harga daging sapi sedang mahal.Yup emang cukup mahal sich,utk 1 kg daging sapi  di jakarta kisaran harga 100rb..mampus dah penjual bakso kalo sgitu mahalnya.bener gak?


http://4.bp.blogspot.com/-TZ_EserqBiQ/T4Lqja7EVJI/AAAAAAAACOk/2xM6dHpPxjc/s320/Bakso_Daging_Sapi.jpg

Bagi teman-teman penikmat bakso tentunya akan sangat terpukul dengan berita ini. Bila setiap harinya teman-teman tidak pernah ragu-ragu untuk menyantap sajian bakso, maka dengan berita ini tentunya teman-teman harus berpikir dua kali, apakah bakso yang disajikan tersebut mengandung daging babi atau tidak.

Bagaimana sebenarnya cara mengenali ciri-ciri daging bakso babi agar teman-teman tidak selalu was-was ketika ingin menikmati
semangkuk bakso ?


ciri-ciri bakso daging babi
 
Ciri-ciri Bakso Daging Babi

Secara umum memang agak sukar bagi konsumen untuk membedakan antara bakso daging sapi dengan bakso daging babi secara kasat mata. Namun perbedaan antara kedua daging ini dapat dibedakan bila melalui pengujian langsung di laboratorium.

Tetapi hal yang mungkin bisa dilakukan konsumen adalah mencermati aroma bakso. Umumnya setelah daging bakso direbus di dalam dandang, maka aroma khas dari daging babi akan tercium. Umumnya daging bau babi akan lebih amis bila dibandingkan dengan bau daging sapi.

Untuk memastikan bahwa bakso yang hendak Anda santap merupakan bahan yang terbebas dari daging babi, maka pastikanlah kehalalan produk yang akan dikonsumsi tersebut dengan cara memilih produk yang telah bersertifikat halal.Bisa juga dgn mencari kedai bakso yg udah ngetop namanya dan bukan bakso pikulan dijalan jalan.Sebab mahalnya daging sapi untuk ukuran pedagang bakso yg ngider dari gang ke gang pastinya dirasa merugikan kalo gk di oplos dgn daging babi.Beda dgn pengusaha  bakso bermodal gede yg sangat menjaga citarasa dan kepuasan pelanggannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...