6 Oktober 2011

Wafatnya Steve Jobs Sang Inovator Sejati


Apple Inc. mengumumkan Rabu waktu setempat bahwa pendiri perusahaan teknologi terkemuka asal AS itu, Steve Jobs, telah meninggal dunia. Dia wafat setelah bertahun-tahun berjuang mengatasi kanker. Dia wafat di usia 56 tahun.

Jobs mengundurkan diri sebagai Kepala Eksekutif Korporat Apple pada Agustus lalu setelah mengatakan dia tidak bisa lagi secara rutin mengelola perusahaannya. Posisi dia digantikan oleh Tim Cook sedangkan Jobs berstatus sebagai Chairman Apple.

Jobs dikenal sebagai pengusaha bertangan emas. Menurut stasiun berita CNN, Jobs mendirikan Apple pada saat dia baru berusia 21 tahun bersama dengan Steve Wozniak dan Mike Markulla. Bermula dari suatu garasi di Silicon Valley, mereka merintis usaha Apple dengan merakit sejumlah produk komputer desktop Macintosh.

Namun pada 1985, Jobs tersingkir dari Apple setelah tidak bisa mempertahankan posisinya di dewan direksi. Dia lalu mendirikan perusahaan sendiri, NeXt.

Jobs akhirnya kembali ke Apple pada 1997 dan menyelamatkan perusahaan itu dari ancaman kebangkrutan.

Dia bahkan berhasil menjadikan Apple sebagai salah satu perusahaan teknologi terkemuka di dunia dengan menghasilkan sejumlah produk inovatif, seperti iPod, iPhone, MacBook, dan kini komputer tablet iPad.

Sebelum kembali ke Apple, dia juga sukses mendirikan perusahaan sinema kartun, Pixar Studios.

"Visi dan kepemimpinan luar biasa yang ditunjukkan Steve Jobs telah menyelamatkan Apple dan menuntunnya sebagai perusahaan teknologi yang paling inovatif," kata Art Levinson, Chairman dari Genentech, mewakili Dewan Direksi Apple, seperti dikutip Chicago Tribune.

"Steve telah membuat sumbangan yang luar biasa bagi kesuksesan Apple. Dia telah menginspirasi para staf Apple dan membentuk tim eksekutif yang luar biasa," lanjut Levinson.

Cemerlang membawa perusahaannya menjadi yang terdepan, Jobs bermasalah dengan kesehatannya yang buruk. Dia pernah cuti selama dua tahun sebagai CEO Apple karena berkonsentrasi mengatasi kanker pankreas. Itulah sebabnya pada Agustus lalu dia memilih pensiun dan mendukung Tim Cook sebagai CEO baru.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...