30 Januari 2012

Tips Aman Naik Angkot ( Cewe )


Ada beberapa tips aman buat cwe jika mau naik angkot

versi santai/Kocak :
Pas naik angkot, pegang pintunya.. Naiknya pelan2 jangan sok manja minta ditolongin supirnya

2. Kalau supir nanya "Mau kemana mbak?" Jangan dijawab "Mau ke hatimu" (Bikin supir galau ajah )

3. Walau narsis jangan sampai ngajak supirnya foto bareng, apalagi pake upload tu foto ke facebook

4. Naik angkot ga perlu dandan cantik. Soalnya cuma di FTV kita bisa menemukan supir angkot yg ganteng

5. Pas supir mau pindahin gigi, gak usah sok romantis pake pegang tangan dan tatap matanya (hawdeeehh..)

6. Klo duduk di belakang supir ga usah tiba2 nutup matanya trus bilang "Tebak aku siapa?" (Sumpah, ngga banget )

7. Kalau sampai tujuan, ucapkan "Kiri, Pir.." Jangan bilang "Kiri Beib.." (Inget loh!)

8. Sepenuh apapun angkotnya jangan duduk di pangkuan supir.. Pokoknya jangan!

9. Terakhir dan terpenting klo terima uang kembalian, terima aja. Ga usah pakai cium tangan atau kiss bye segala.


Versi Serius:

Kasus pemerkosaan dan kriminalitas yang terjadi di dalam angkot, memang meresahkan. Namun, itu tidak berarti, kita jadi ketakutan naik transportasi umum satu ini. Yang penting tetap waspada. Berikut tips dari TMC Polda Metro Jaya dan informasi dari para pengguna transportasi umum:

Cek nomor trayek dan jurusan
Sebelum naik angkot, jangan lupa untuk memeriksa nomor trayek dan jurusan. Pastikan Anda tidak salah naik. Salah naik, bisa bikin bingung diri sendiri. Situasi seperti ini bisa dimanfaatkan oleh orang tak bertanggung jawab untuk melakukan kejahatan pada Anda. Untuk mencegah itu semua, selalu pastikan nomor trayek.

Pilih angkot berkaca bening
Ini agar keadaan dalam angkot bisa terlihat dari luar, baik banyak penumpang yang ada maupun sopir. Selain itu, angkot yang memiliki kaca bening juga merupakan salah satu kontrol masyarakat. Jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, masyarakat di luar bisa melihat dan menolong Anda.

Lebih baik pilih angkot dengan sopir berseragam dan ID
Saat ini sebagian besar pengemudi angkutan umum di kota besar telah dilengkapi dengan seragam dan tanda pengenal. Sopir yang seperti ini sudah terdaftar sebagai sopir angkot resmi, ini akan menghindarkan Anda dari naik angkot dengan sopir tembak.

Jangan tidur di dalam angkot
Meskipun telah lelah melakukan perjalanan seharian, jangan sampai Anda tertidur di dalam angkot. Ini sangat berbahaya,karena membuka peluang untuk orang-orang melakukan tindakan kejahatan, seperti pencopetan maupun penculikan.

Hindari menerima makanan dan minuman dari orang tak dikenal
Sebaik apapun orang yang Anda temui, jangan pernah mau menerima makanan dan minuman dari orang tak dikenal. Hal ini untuk mencegah pembiusan yang sedang marak terjadi.

Ajak teman
Bila memungkinkan, hindari bepergian sendiri saat naik angkutan umum. Ajaklah teman, terutama di malam hari. Ini untuk meningkatkan keamanan Anda, dan mencegah tindak kriminal, seperti pemerkosaan yang sempat terjadi di dalam angkot.

Jangan menarik perhatian
Artinya, tidak mengenakan perhiasan berlebihan atau mengenakan pakaian yang mengundang perhatian. Terkadang penampilan yang mencolok juga bisa mengundang kejahatan.

Bawa alat
Bila memungkinkan, bawa alat-alat yang bisa dipakai senjata. Tidak perlu senjata tajam atau senjata api. Gas air mata dalam ukuran kecil atau gelang sekalipun dapat menjadi senjata awal untuk menghindari dari kejahatan.

Segera turun
Percaya pada kata hati Anda. Bila merasakan ada sesuatu yang tidak beres, putuskan untuk segera turun dan pindah angkutan. Intuisi Anda tidak akan salah.

Lapor polisi
Jika mendapati ada tindakan kejahatan, segera melaporkan kepada kepolisian terdekat atau menghubungi TMC Polda Metro Jaya di nomor 021 5276001 dan SMS 1717 ( kantor Police terdekat )
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...