4 Januari 2013

11 Sinetron Yg Di Bumbui Dgn Amnesia..

AMNESIA, istilah yang tidak asing bagi pecinta sinetron.

Dalam bahasa sederhana, amnesia berarti gangguan memori yang disebabkan kerusakan otak, penyakit, atau trauma psikologis. Biasa disebut hilang ingatan. Meski banyak penyakit yang sudah diangkat dalam sebuah sinetron, amnesia bisa dibilang paling sering muncul.
Seorang penulis sinetron stripping dalam kultwitnya pernah menjelaskan mengapa sinetron gemar menggunakan penyakit amnesia. Hilang ingatan tergolong penyakit serius, yang berpotensi meyedot simpati penonton.

Meski berat, penderita amnesia masih bisa beraktivitas layaknya orang normal. Tak perlu ada perawatan khusus seperti kemoterapi atau cuci darah, yang tentu untuk memunculkan visualisasinya memerlukan effort lebih.

Well, bolehlah Anda berpendapat tidak kreatif. Namun nyatanya, dalam banyak judul penyakit amnesia berhasil mendatangkan rating. Dua sinetron terpanjang: Cinta Fitri dan Putri Yang Ditukar, karakter utamanya secara bergantian mengidap amnesia.

Berikut 11 sinetron yang menyelipkan konflik amnesia.Yg doyan Nonton sinetron yuk gabungg..

INTAN

Dude Harlino dan Naysilla Mirdad mulai naik daun saat membintangi sinetron yang tayang tahun 2006-2007 ini. Tema amnesia terjadi setidaknya dua kali dalam sinetron produksi SinemArt ini. Korban pertama adalah Rado (Dude Harlino), yang hilang ingatan setelah kepalanya tertimpa kayu. Rado lantas bertransformasi menjadi Aditya.
Dandanan Rado dan Aditya berbeda. Kalau Rado rapi, penampilan Aditya lebih kasual.
Dalam sinetron berjumlah 263 episode ini, Bintang, putri Intan (Naysilla Mirdad) dan Rado juga dikisahkan sempat mengalami amnesia.

CINDERELLA

 Saat RCTI berjaya dengan Intan di slot early primetime, SCTV tak mau kalah dengan menayangkan stripping pertama penghuni slot 18.00 WIB berjudul Cinderella mulai Februari 2007. Pemain baru seperti Cinta Laura dan Galih Ginanjar memperkuat sinetron produksi MD Entertainment ini.
Rasya (Galih Ginanjar) mengalami kecelakaan mobil. Ketika mau minta tolong, ada seorang pria yang memukul kepalanya sampai membuatnya amnesia.

SOLEHA

 Masih di lini masa yang sama. Setelah sinetron Intan beberapa kali dikalahkan Cinderella, mulai Juli 2007 RCTI menayangkan sinetron Soleha, dibintangi Marshanda, Baim Wong, dan Rionaldo Stokhorst.
Di episode 70-an, Rendra, karakter sopir angkot yang diperankan Rionaldo Stokhorst, mengalami kecelakaan sampai jatuh ke jurang. Rio lantas bertransformasi menjadi Faris, seorang fotografer. Kalau Rendra kalem dan santun, maka Faris sosok yang angkuh dan sinis
.
KUGAPAI CINTAMU

 Mini seri dangdut produksi Gentabuana Paramita ini sempat menduduki rating nomor 1 saat tayang pertama tiap Sabtu malam, pertengahan 2007. Ketika direrun pertengahan 2012 pukul 10 pagi, sharenya menyentuh 20%. Luar biasa.
Sinetron adaptasi drama Korea Stairway To Heaven ini berkisah tentang Serra (Imel Putri Cahyati), gadis kalem yang ditabrak Eva (Chaterine Pamela) dengan sengaja. Eva terobsesi memiliki Allan (Temmy Rahadi), kekasih Serra.
Serra tidak mati. Namun ia mengalami hilang ingatan. Eva menitipkannya pada Doni (Rheiner G. Manopo), kakak kandung Eva. Doni yang mencintai Serra, mengubah nama gadis cantik itu menjadi Sari.

BINAR BENING BERLIAN

 Amnesia barengan? Kenapa enggak. Setelah episode menembus 100, 2 karakter utama mengalami hilang ingatan.
Jack (Jonas Rivanno) dan Berlian (Asmirandah) tak bisa menikmati kebahagiaan sebagai pengantin baru lama-lama. Keduanya mengalami kecelakaan saat menumpangi bus yang sama, menyebabkan Jack dan Lian sama-sama amnesia.
Setelah amnesia, Jack-Lian lupa mereka sudah menikah, atau saling cinta. Setiap hari bertengkar layaknya anjing dan kucing. Tapi di penghujung sinetron berjumlah 143 episode ini, ingatan Jack dan Lian sama-sama pulih

INAYAH (HAREEM)

Sinetron produksi Soraya Intercine Films ini awalnya berjudul Hareem. Ketika judulnya masih Hareem, karakter Umi Desy (Fitri Ayu Maresa) yang kejam, mengalami amnesia dan berubah jadi baik. Namun saat hendak membunuh Aini, bayi Inayah (Shandy Aulia), ia terjatuh dan ingatannya kembali.
Karena kemasannya yang terlalu Islami namun mengumbar kejahatan, Maret 2009 judulnya diubah jadi Inayah. Semua karakter wanita yang tadinya berjilbab, tak lagi memakai jilbab setelah judulnya Inayah. Agustus 2009, giliran karakter utama alias Inayah yang diculik lalu mengalami amnesia.
Muncul karakter Wisnu yang kemudian menikahi Inayah secara siri. Padahal ibu Wisnu, adalah salah satu mantan istri Romo Doso (Teddy Syach).

DIA ANAKKU

Tak hanya sinetron drama yang berhak memakai hilang ingatan. Meski genrenya lebih ke komedi slapstick, cikal bakal Fathiyah Season 1 dan 2 ini tak luput dari bumbu amnesia. Fathiyah (Aryani Fitriyana) mengalami kecelakaan di episode 160-an, sampai membuatnya amnesia.
Ia lalu diselamatkan seorang pria bernama Azka (Reza Fhalevi), yang ingin memilikinya. Oleh Azka, Fathiyah diberi nama baru; Asyifa. Meski belum ingat masa lalunya, namun cara bicara terbalik-balik khas Fathiyah masih melekat pada Asyifa

TUTUR TINULAR versi 2011

 Sinetron kolosal juga tak mau ketinggalan bermain-main dengan amnesia. Tentu saja tak memakai istilah amnesia, namun hilang ingatan.
Respati, Pangeran Kadipaten Kurawan yang membawa lari Dewi Padmini, Putri kerajaan Manguntur, membuat Tumenggung Kebo Winarang, ayah Dewi Padmini, murka. Kebo Winarang menyuruh Dipangkara, adik iparnya untuk melenyapkan Respati. Oleh Dipangkara, Respati lalu dibuang ke jurang.
Respati tidak mati. Ia hilang ingatan dan berubah nama menjadi Lindu Sukma, yang banyak membantu hubungan asmara Arya Kamandanu dan Nari Ratih.
Terlepas dari banyaknya konflik yang melenceng dari cerita aslinya, sinetron produksi Gentabuana Paramitha ini bertahan 329 episode

. CINTA FITRI

Melihat jumlah episodenya yang panjang, 1002 episode, rasanya bisa dimaklumi kalau konflik amnesia muncul dalam sinetron produksi MD Entertainment ini. Pertengahan season 5, Farrel (Teuku Wisnu) didorong Handoko (El Manik) sampai jatuh ke jurang dan amnesia.
Farrel dirawat Mischa (Dinda Kanyadewi). Perempuan licik ini memanfaatkan keadaan dengan berpura-pura sebagai istri Farrel, lalu masuk ke rumah keluarga Hutama lagi.
Farrel sembuh di awal season 6, giliran Fitri (Shireen Sungkar) yang amnesia di season 7. Fitri yang menyamar sebagai mas Ade, berhasil mendapatkan bukti bahwa Mischa-lah pembunuh Ferdi (Rama Michael). Sayang, Fitri kecelakaan ketika hendak menelepon Farrel.
Cerita lompat ke satu tahun kemudian. Fitri ternyata masih hidup. Oleh Nyak dan Babe Marzuki (Omaswati dan Akri Patrio), Fitri diberi nama Saodah. Shireen pun memakai logat Betawian saat menjadi Saodah.

PUTRI YANG DITUKAR

Mungkin ini sinetron yang paling banyak menampilkan karakter terkena amnesia dalam sejarah pesinetronan Indonesia.Ikhsan (Sultan Djorghi), yang sempat dikira sudah meninggal, adalah tokoh pertama dalam sinetron berjumlah 676 episode ini yang kena amnesia. Ikhsan sembuh, giliran Aini (Vonny Cornellya) yang “tertular”. Akibat jatuh dari bangunan setengah jadi, dalam pergulatannya dengan Malena (Moudy Wilhelmina).
Aini sempat koma. Setelah sadar, ia malah menganggap Ikhsan sebagai suaminya, padahal Prabu (Atalarik Syach) suami sebenarnya.
Disusul Amira (Nikita Willy) sang tokoh utama yang menderita hilang ingatan pasca kecelakaan. Amira lantas berganti identitas menjadi Citra. Tak cukup sampai di situ, Rizki (Rezky Aditya) pun dikisahkan kena amnesia pada episode 566. Diceritakan Rizki jatuh dari jurang lalu hanyut terbawa arus sungai. Rizki lantas diselamatkan seorang cewek preman yang diperankan Celine Evangelista.

DOAKU HARAPANKU

Penderitaan Anisa (Krisdayanti) dalam Doaku Harapanku, mencapai puncaknya saat Andhika (Dicky Wahyudi), suaminya, dinyatakan meninggal dalam kecelakaan. Anisa disiksa oleh Lela (Leily Sagita), mertuanya yang sebenarnya ibu tiri Andhika.
Padahal Andhika belum mati. Seorang gadis di sebuah desa berhasil menyelamatkan Andhika. Namun Andhika menderita hilang ingatan, sehingga tak bisa pulang untuk menemui Anisa.
Andhika sembuh setelah kepalanya terbentur tembok saat sedang berkelahi.alamakk basiii bangettt..
***

Masih banyak sinetron yang mengangkat tema amnesia. Apakah ada sinetron favorit kamu yang menyelipkan konflik amnesia? Ahaaaa kayaknya hampir semua sinetron yg tergolong baru,masih setia dgn kisah dan kasus percintaan dgn bumbu amnesia..soo.. adminnn jadi lemesss...

sumber: plasamsn/admin


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...