4 Januari 2013

6 Theme Song Sinetron Yg Gak Nyambung Dgn Jalan Ceritanya.

LAGU tema seharusnya mewakili atau setidaknya mencerminkan isi cerita suatu film atau sinetron.
Tahun 90-an, hampir sinetron Indonesia dibuatkan lagu tema sendiri, sehingga sesuai dengan jalan ceritanya. Sebutlah Janjiku, Tersanjung, Untukmu Segalanya, dan lain-lain. Kami pernah membuat top list 8 soundtrack yang melekat abadi dengan sinetronnya.

Sejak awal 2000-an mulai banyak sinetron yang soundtrack-nya mencomot lagu yang sudah populer. Kalau sesuai dengan jalan ceritanya sih tidak masalah. Seperti Kesetiaan Cinta (2009) yang mencomot Separuh Jiwaku Pergi-nya Anang, fine-fine saja karena karakter utamanya dikhianati oleh suaminya.

Tapi kalau tidak nyambung dengan konfliknya, tentu menimbulkan tanda tanya.
Berikut 6 Soundtrack Sinetron yang Enggak Nyambung dengan Jalan Ceritanya.

AZIZAH-KEKASIH GELAPKU (UNGU)

 Tayang di penghujung tahun 2007 hingga semester pertama 2008, rating Azizah bilang dibilang stabil di 3 besar. Sinetron produksi MD Entertainment ini pulalah yang membuat Kirana Larasati dan Miller Khan naik daun.
Ceritanya mengingatkan pada telenovela Maria Cinta yang Hilang. Gadis pemulung bernama Azizah (Kirana), suatu hari diajak pengusaha kaya Yusuf (Krisna Mukti) tinggal di rumahnya. Yusuf pernah berhutang budi pada ayah Azizah.
Istri Yusuf, dan Raffy (Miller) tidak suka dengan kehadiran Azizah yang dianggap bikin onar. Seiring berjalannya waktu, Azizah-Raffy saling suka.
Jelas tidak ada cerita perselingkuhan apalagi menjadi kekasih gelap dalam sinetron SCTV ini. Well, mungkin karena lagu Kekasih Gelapku dari Ungu saat itu sangat booming sehingga dijadikan lagu tema.

CERITA SMA-RACUN DUNIA (THE CHANGCUTERS)

 DI saat sinetron MD Entertainment di SCTV merajai rating pada awal 2008, RCTI mengurangi slot sinetron SinemArt dan memberikan pada Rapi Films di slot super primetime. Cerita SMA, berkisah tentang percintaan anak SMA berbalut komedi yang dibintangi Anizabella Putri, Risha Shahab, Sarah Nanda, dan Fundio Moko.
Ternyata, pemirsa lebih menyukai adik pemeran utama yang dibintangi Baim Alkatiri. Cerita pun dirombak. Fokus tak lagi pada anak SMA, dan malah ke komedi slapstick petualangan Baim cilik.
Baik ketika masih berkutat pada kehidupan anak SMA maupun petualangan Baim, lagu “Racun Dunia” yang liriknya “Wanita racun dunia karena dia butakan semua…” tidak sesuai cerita. Namun harus diakui lagu itu sangat hits pada tahun 2008 dan membuat The Changcuters populer.hemmm gak jelassss..

SI TITO DAN NAYLA-AKU YANG TERSAKITI (JUDIKA)

Sinetron produksi Soraya Films ini berkisah tentang Tito (Didi Riyadi) yang mengalami keterbelakangan mental. Ia dinikahkan dengan Nayla (Titi Kamal) oleh orangtuanya. Sebagai gadis normal, Nayla awalnya keberatan dinikahkan dengan pria yang bertingkah seperti anak balita. Apalagi kakak-kakak perempuan Tito yang tak mau harta mereka jatuh pada Nayla, selalu mengintimidasi gadis lugu itu.
Lagu tema sinetron yang tayang di Indosiar awal 2012 ini adalah Aku yang Tersakiti milik Judika. Cukup catchy dan populer. “Tak pernahkah kau sadari akulah yang kau sakiti. Engkau pergi dengan janjimu yang telah kau ingkari”. Persoalannya, baik Tito dan Nayla tak ada yang menyakiti, dan tak ada yang pergi. Hmm…admin jadi puyeng mikirnya..

PUTRI YANG DITUKAR-SUDAHI PERIH INI (D’ MASIV)

Apa yang harus kulakukan lagi bila kau tak setia? Karena aku hanya seorang manusia yang tak kau anggap?” setia mengiringi Putri yang Ditukar (PYD) yang berjumlah 676 episode. Pertanyaannya, seberapa ‘masuk’ lagu ini dengan sinetronnya?
Sinetron produksi SinemArt ini berkisah soal Amira (Nikita Willy) dan Zahira (Yasmine Wildblood) yang ditukar sejak lahir. Setelah dewasa, Amira naksir Arman (Glenn Alinskie), Arman mencintai Zahira, Zahira menyukai Rizki (Rezky Aditya) dan Rizki mengejar-ngejar Amira. Tidak ada yang tak setia, bukan?

PENGORBANAN ANGGUN-MAU TAPI MALU (MAIA FEAT. GITA GUTAWA)

Aku mau tapi malu, kusuka matamu, hidungmu, wajahmu dan aku mau untuk jadi milikku.” Lagu ciptaan Maia Estianty ini musik dan liriknya ceria dan berjiwa muda. Sementara sinetron produksi Gentabuana Paramita ini sangat kelam dan emosional. Disebut-sebut menyontek drama Korea Cruel Temptation.
Berkisah soal wanita yang suaminya selingkuh dengan saudari angkatnya sendiri. Sang wanita ini masih harus menghadapi ibu mertua yang kejam dan menyiksa secara fisik dan mental.
Di mana letak korelasi lagu tema dan cerita? bingung nihhhh..

SATRIA-ALLAHI ALLAH KIYA KARO (MAHER ZAIN FEAT. IRFAN MAKKI)

Satria adalah sinetron produksi Multivision Plus yang ceritanya mirip-mirip sinetron Gerhana. Bocah yang lahir saat gerhana bulan, lalu punya kekuatan sakti. Satria (Endy Arfian) sehari-harinya ahli main debus.
Lama kelamaan banyak orang jahat tahu dan hendak menguasai kekuatan Satria. Tokoh antagonisnya berpakaian ala penjahat di serial Ksatria Baja Hitam atau Power Rangers. Ada juga karakter bernama Jupe Depe dengan kostum seksi. Sempat pula muncul peri yang diperankan Angelica Faustina.
Bahkan karena adegan kekerasan, sinetron ini mendapat teguran dari KPI.
Namun lagu temanya sangat Islami. Dibawakan Maher Zain featuring Irfan Makki; Allahi Allah Kiya Karo. Tak sedikit netizen yang menyayangkan penggunaan lagu Islami untuk sinetron fantasi ini.

sumber:plasamsn/admin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...