8 Januari 2013

Sejarah Bahasa Gue - Elu


Seperti kita tahu bahwa GUA dan LU adalah kata kata gaul yang marak digunakan remaja remaja masa era tahun 70 hingga sekarang.
Kebanyakan orang mengatakan bahwa GUA dan LU adalah sebuah bahasa baru/ sebuah bahasa gaul ,nyatanya bahasa ini telah ada di Indonesia sejak abad ke-16.
Ini semua bermula dari imigran imigran dari China, dan perdagangan perdagangan negara China yang memang berpusat di Indonesia.
Sebenarnya kata GUA dan LU berasal dari

gua dan lu (dari 我 Hokkien 'goa' dan 'lu / li' 你 - yang berarti "Saya / aku 'dan' kamu ')

Bahasa tersebut muncul dari Bahasa Mandarin Hokien (yang telah disederhanakan ) dan mendapat modifikasi diberbagai daerah seperti menjadi GUE, LU, atau GUA dan LO.,
 
 Quote:Original Posted By KhrisnaIbnuM
Pisau (匕首 bǐshǒu - pisau)
Loteng, (楼 / 层 = lou / Ceng - [atas] lantai / tingkat),
mie (面> 面 Hokkien mI - mie​​),
lumpia (润 饼 (Hokkian = lun-pia ⁿ) - springroll),
cawan, (茶碗 cháwǎn - cangkir),
Teko (茶壶> 茶壶 = cháhú [Mandarin ], Teh-ko [Hokkian] = poci),
苦力 kuli = 苦 Khu (pahit) dan 力 li (energi)


Jadi, kesimpulannya ialah Kata "Gue" dan "Lu" bukanlah bahasa baru/gaul seperti yang selama ini kita pikir, tetapi Kata "Gue" dan "Lu" adalah bahasa serapan yang berasal dari China. Oke, that's it!
 
 sumber:
http://iniunic.blogspot.com



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...