9 September 2015

Kalimat Basa Basi Ala Orang Indonesia

Orang Indonesia itu terkenal akan keramahannya. Coba saja kamu tanya pada bule-bule yang pernah liburan di Indonesia, mereka pasti bilang bahwa orang Indonesia itu ramah-ramah. Hal ini nggak lain karena orang Indonesia suka mengucapkan kalimat yang berkesan menanyakan kabar atau kebutuhan orang lain. Ya padahal kalau diteliti lagi, sebenarnya itu cuman kalimat basa-basi sih, biar nggak garing karena bingung mau ngomong apa.

Di Indonesia, ada beberapa kalimat basa-basi yang pasti sering banget digunakan. Kadang saking seringnya digunakan, kita tahu kalau seseorang memang sedang berbasa-basi sama kita.
Apa saja ya kalimat tersebut?

1. Pertanyaan basa-basi yang udah jelas banget jawabannya

Ini nih salah satu kebiasaan basa-basi yang aneh, yaitu pertanyaan yang sebenarnya jawabannya sudah sangat jelas, tapi masih ditanyakan. Contoh, ada anak pakai seragam sekolah lengkap dengan tas dan siap berangkat. Kemudian tetangga bertanya dengan manis, “Mau berangkat sekolah ya?” Nah, seperti ini kan sudah jelas banget?

Atau contoh lain, ibu-ibu bawa keranjang belanjaan, jalan ke arah rumahnya. Lalu ditanya, “habis belanja ya?” Ya iyalah… Kan sudah jelas keliatan kalau pulang belanja. Tapi sebenarnya niatnya baik kok, yaitu menyapa. Ya kalau di luar negeri ada sapaan ‘good morning’ atau ‘good night’, tapi kalau di Indonesia mau menyapa tetangga dengan tiba-tiba ngomong ‘selamat pagi’ itu juga aneh rasanya.

2. “Lagi ngapain?”

Hati-hati kalau kamu ketemu seseorang yang mengucapkan kalimat ini baik lewat pesan singkat atau ketemu langsung. Karena jawabanmu akan menentukan hasil akhir pertanyaan ini. Biasanya, seseorang yang mau ngajak kamu jalan atau minta tolong akan mengatakan kalimat ini sebelumnya. Tujuannya memastikan agar kamu nggak repot, jadi kamu nggak punya alasan buat nolak. Sungguh kalimat basa-basi yang efektif.

Kalimat ‘lagi ngapain’ terkadang juga digunakan saat nggak sengaja ketemu seseorang yang dikenal di suatu tempat. Misalnya, kamu ketemu si A, jadi setelah nyapa, selanjutnya kamu akan bingung mau ngomong apa. Jadi keluarlah kalimat ‘eh, lagi ngapain?’ Padahal si jawabannya seharusnya juga udah jelas. Kalau lagi di mall ya berarti dia lagi belanja atau sekedar refreshing, kalau di kolam renang berarti ya berenang, kalau di restoran berarti ya lagi makan.

3. ‘Datang sama siapa nih?’

Ini pertanyaan yang biasanya muncul di acara pernikahan, reuni, kumpul keluarga, dan sejenisnya. Pertanyaan semacam ini bikin hati nyut-nyutan terutama kalau lagi jomblo atau belum punya pasangan. Pasalnya, pertanyaan seperti ini ujung-ujungnya akan membahas soal pasangan.

Nah, basa-basi yang seperti ini nih yang bikin sebel. Memang sih niatnya bercanda, tapi buat orang yang dilempari pertanyaan seperti itu kan bosen juga? Lagi pula, pasti ada banyak alasan kenapa seseorang belum punya pasangan, kan?

4. ‘Anggap aja di rumah sendiri’, ‘mau minum apa?’

Kalimat ini biasa diucapkan kepada tamu yang berkunjung ke rumah. Tapi ya jelas, meskipun si pemilik rumah bilang ‘anggap aja rumah sendiri’, bukan berarti kamu bisa jungkir balik di rumahnya. Intinya adalah agar kamu merasa nyaman dan si pemilik rumah juga jadi terkesan ramah dan sopan.

Kalimat selanjutnya setelah tamu duduk adalah, ‘mau minum apa?’ Ini juga bentuk ramah tamah dari si pemilik rumah. Tapi bukan berarti kamu bisa langsung bebas minta es campur atau soda gembira. Selain repot bikinnya, emang kamu pikir rumah temenmu jualan es? Biasanya, si tamu akan menjawab dengan ‘nggak usah repot-repot’, lalu si pemilik rumah akan tetap membawakan minum pilihannya sendiri. Jadi tanya ‘mau minum apa’ tadi fungsinya buat apa?

So.. masih banyak Basa Basi ala Indonesia yang lainnya.Jika kalian mau Nambahin  silahkan corat coret  di Kolom komentar ..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...