7 Maret 2011

Tips Agar Terhndar Dari Bahaya Kemasan Makanan/Minuman


Teman Galerina,di abad sekarang ini,teknologi pengemasan makanan/minuman mkin inovatif.Ada banyak pilihan bahan yg dipakai untuk mewadahi makanan.Menurut sifat materialnya dan turunannya,jenis kemasan ada lima yang populer yakni:
1.Kemasan plastik fleksibel
2.Kemasan plastik rigid
3.Kemasan kertas kotak karton lipat
4,Kemasan Gelas
5.Kemasan kaleng logam.

Dari lima tadi yang paling ngehits adalah Plastik.Karna kemasan ini kuat,tidak berkarat dan tahan lama,dan dapat diberi label juga dcetak dengan berbagai kreasi krn plastik punya sifat mudah dibentuk.Tapi plastik juga punya kelemahan yaitu terjadinya perpindahan zat-zat monomer yg terjadi akibat pengaruh suhu makanan dan proses pengolahannya.Dan parahnya ini tidak dapat dicegah seratus persen.
Memang sih tidak semua bahan plastik berbahaya hanya beberapa saja teman,kaya vinyl clorida,acrylonil,metacrylonitril,vinylidene chlorida dan styrene.

Gimana sih ngebedainnya?plastik dengan ikatan monomer kuat cenderung lebih aman kaya polypropylene dan jenis ini seharusnya jadi bahan kemasan.Ciri plastik yg mengandung momomer tinggi bahannya lebih halus dan lemas,contohnya plastik gula pasir.Kemasan mika yang biasanya dipakai untuk membungkus kue-kue tradisional relatif lebih aman,asalkan suhunya diperhatikan ,jangan dikemas pada saat makanan dalam kondisi panas.Demikian juga dengan plastik kemasan fleksibel macam bungkus snack.Sedangkan plastik warna-warni seperti plastik kresek yang aman kudu ada tulisan"food grade".Jika tidak ada,lebih baik dihindari.

Bagaimana dengan styrofoam? kemasan yang masih satu keluarga dengan plastik ini,tak kalah 'merakyat'.Digunakan mulai dari pedagang kaki lima sampai pasar swalayan.Malah belakangan ini pamor styrofoam kian tenar saja dipakai untuk memgemas makanan cepat saji yang bisa langsung disantap terlebih dahulu diseduh dengan air panas.Dikedai kedai bertaraf internasional juga masih banyak digunakan gelas dari bahan styrofoam untuk kopi,kopi susu,atau teh panas.Amankah?

Dalam salah satu penelitian di amrik nih ,disebutkan kalo 100% jaringan lemak orang amerika mengandung styrofoam yang dapat menggangu sistem reproduksi hingga menyebalkan kemandulan.
Lalu bagaimana dengan kemasan kaleng,tetra pack,kertas lipat atau karton?
Perhatikan ciri fisiknya.Pastikan tidak penyok dan bocor.Khusus kaleng,liat patriannya tersambung rapat atau tidak.Untuk kemasan kertas,pastikan tidak mengandung chlorine.Salah satu yang aman adalah kertas coklat berlapis cling yg biasa dipakai diwarung nasi atau resto.
Tapi jangan pula lupa untuk cek label kadaluarsa dan cara penyimpanannya.Ikuti petunjuk pemakaian yang tertera dikemasan.Dan jika ada makanan yang tersisa,lebih baik dipindahkan kedalam wadah penyimpan yang lebih aman dan tertutup rapat.

Agar terhindar dari bahaya kemasan!

1.Jangan membungkus bakso,soto panas dengan kantong plastik.pakailah mangkuk kaca
2.Hindari mwmbungkus makanan dengan kertas koran.Karna tinta kertas akan larut dalam makanan.Sebaiknya pakai kertas coklat berlapis cling atau piring
3.Hindari membeli permen yang sudah lengket dengan plastiknya.Besar kemungkinan permen tersebut sudah lama atau sering terkena matahari.
4.Jika terpaksa membeli buah di wadah styrofoam,buang bagian buah yang bersentuhan dengan styrofoam.
5.Hindari membeli makanan/minuman dipinggir jalan,meski dalam keadaan dingin.Sengatan matahari mengakibatkan unsur kimia dlm kemasan mudah larut dalam makanan.
6.Hindari membeli teh celup karna pada umumnya pembungkus sudah ditambah chlorine.Bila terkena suhu tinggi akan menghasilkan dioksin,senyawa racun yang berbahaya bagi kesehatan.WhO MENETAPKAN,ambang batas aman konsumsi dioksin adalah 1-4 pikogram per kilogram berat tubuh.Dalam jumlah banyak akan mengakibatkan kanker,
7.Membeli menu set yang dikemas dalam aluminium foil.lebih aman daripada styrofoam.
8.Sebaiknya tidak menggunakan bekas air mineral untuk menyimpan air minum karena bahan plastiknya terbuat dari polyethylene terephtalatem yang mengandung zat-zat karsinogen yang dapat memicu kanker.
9.Jangan membeli makanan berkuah panas dalam plastik kresek hitam
10.Jangan gunakan styrofoam sebagai wadah makanan panas.lebih baik pakailah aluminium foil,piring beling atau kertas coklat berlapis cling.

Semoga bermanfaat yah teman...

Asiknya berbagie..
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...