Cara Nabi Pelihara Kesehatan Lambung

Posted by Rina Fitriana 7 Maret 2011 0 komentar



Teman Galerina, lambung yg sehat adalah manifestasi kesehatan yg kudu dijaga setiap manusia.Pasalnya,dari lambunglah sumber dr segala penyakit bermunculan.Benarkah?

Jangan sepelein lambung,karna sedikit aja lambung terluka maka akibatnya sejumlah penyakit akan gampang bersarang.Sebut aja maag,penyakit yg gampang sekali di hinggapi tubuh manusia ,baik anak2 remaja dewasa sampai orang renta.Karna itulah dalam sebuah hadist Nabi diriwayatkan ad-Dhailami disebutkan"lambung manusia itu tempatnya segala penyakit.Sedangkan pencegahan adalah pokok dr segala pengobatan".
Lambung yg dmaksud dalam hadist tersebut adalah lambung yang tidak terawat dengan baik.sebab tidak mungkin lambung dan organ pencernaan lainnya mengandung bibit penyakit,apabila lambung terawat dengan baik.Hadist ini jga memperingatkan umatnya agar mau menjaga kesehatan lambung.Sebab tanpa pemeliharaan yg baik,lambung tentu akan sakit.Bahkan ,bukan tidak mungkin akan menjadi sarang penyakit.

Secara umum,ada nih faktor-faktor penyebab penyakit lambung yang harus kita waspadai:

1.KARENA KESIBUKAN SEHARI-HARI
Manusia yg tinggal diperkotaan,suka cuek ama kesehatan perutnya.mereka acapkali suka menunda waktu makan,jadwal makan yg tidak teratur,jarang sarapan pagi,membiasakan makan siang disore hari,dan makan sore di larut malam,atau makan tergesa-gesa.Padahal pola makan kaya gini menyebabkan makanan tidak lumat dengan baik.Sehingga akibatnya timbul gejala perut perih,merasa lapar,tapi tidak napsu makan.Sehingga usus mendorong diafragma keatas scara mekanis terjadi gangguan terhadap jantung,sesak napas dan lain sebagainya.

2.POLA KEHIDUPAN MASA KINI.
Manusia cenderung suka menyantap makanan cepat saji yang mengandung zat-zat yg sangat tidak baik untuk lambung dan pencernaan,yang berakibat kolesterol tinggi dan bahkan mengakibatkan pemyempitan pembuluh darah.

3.WASPADAI MAKANAN/MINUMAN YANG DIHINGGAPI LALAT
Akan hal tersebut,Rasulullah saw.memberi tips bila makanan/minuman sampai di hinggapi lalat.Menurut beliau sebaiknya seluruh badan lalat tadi dicelupkan saja kedalam makanan atau minuman.Sebagaimana diriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa Nabi saw bersabda :"jika ada lalat yg masuk kedalam minumanmu maka celupkanlah seluruh tubuh lalat tadi kedalam minuman tersebut.Angkat dan buanglah lalat tersebut.Karna sesungguhnya pada salah satu sayap lalat tadi berisi obat dan pada sayap lainnya mengandung penyakit.

4.JIKA MEMBELI MAKANAN/MINUMAN YANG DIKEMAS.
Sebaiknya kita harus teliti melihat tanggal kadaluarsa.Agar jangan sampai makanan / minuman yg kita makan lewat dari tanggal akhir masa penjualan atau peredaran barang.

5.KURANGNYA KESADARAN MEMBERSIHKAN MULUT,GIGI,DAN TANGAN SEBELUM TIDUR MALAM.
Menurut penelitian medis,bakteri menemukan sarang dengan mudah pada mulut,gigi dan tangan yg kotor,sehingga mengakibatkan kerusakan gigi dan lambung.

6.STRESS DAN TEKANAN KEJIWAAN
7.MENGKONSUMSI OBAT-OBATAN TANPA RESEP DOKTER

SOLUSI.
Sebenarnya kunci dari segala penyakit adalah melakukan pencegahan yang di antaranya:

1.Meninggalkan semua kebiasaan mengkonsumsi makanan dan minuman yg membahayakan jasmani.

2.Menahan diri dari amarah dan emosi
Jiwa yg terlalu bergejolak gampang sekali melanda manusia sehingga gampang stres dan sebagian orang kerap "kebablasan"menyantap makanan kalo lagi stres.Dan ini membahayakan kondisi kesehatan lambung yg dipaksa kerja terus menerus untuk "bekerja".

3. Kurangi porsi makan
Berat badan yang berlebihan adalah sumber dari segala penyakit.Firman Allah,"...makan dan minumlah dan jangan berlebihan"..(QS.AL-A'RAF:31)

4.Tidak mengkonsumsi makanan dan minuman yg emang dilarang Dokter akibat suatu penyakit yang diderita.selamat mencoba.

Asiknya Berbagie
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN Sobat
Judul: Cara Nabi Pelihara Kesehatan Lambung
Ditulis oleh Rina Fitriana
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://galerinafitri79.blogspot.com/2011/03/cara-nabi-pelihara-kesehatan-lambung.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Poskan Komentar

Kritik Dan Saran via Email : rnfitri1979@gmail.com

Terima Kasih Atas Komentar Kerennya Sobat..

^ More Information ^

^ More Information ^

^ Axa Financial Indonesia ^

gif maker
Informasi terkini support Online Shop Store - Original design by Bamz | Copyright of Galerina79.

^ Dunia Ikut Membaca ^

Google+ Followers

^ Buku Tamu ^

^ Bubuhan Rina ^