25 April 2011

Ikan Bandeng gak Pake Duri


Buat temen-temen yang doyan makan ikan bandeng,aku punya satu tempat yang dijamin enak buat kamu dan keluarga yang ingin makan ikan bandeng no duri plus sambel ajipp buatan aku heeeeeheee...*promosiiiiii*
Tapi beneran loh,alhamdullilah aku baru saja buka rumah makan special menyediakan ikan bandeng tanpa duri yang kukasih nama'Rumah Makan Rizqi'di kawasan strat 3 dalam kampung timur balikpapan.Kalo kamu berkunjung ke Balikpapan jangan lupa singgah ya plen.

By the way anyway busway,belum semua orang tahu kalo ikan bandeng yang kaya sama duri nyebelinnya itu sekarang udah bisa di nikmati dengan nikmat tanpa takut durinya nyangkut di tenggorokan,karna melalui tangan tangan yang sangat terampil,ikan bandeng berduri diolah secara seksama dan ketelitian yang luar biasa.cara menghilangkan duri ikan bandeng ini buat yg masih amatir kaya aku,pasti gak gampang,tapi ditangan ahlinya tentu beda.Waktu buat ngusir duri nakalnya cma sebentar.Nah buat kamu yang mau tau gmana cara ngusir duri ikan bandeng berikut aku kasih bocorannya,semoga bisa dipraktekkan dirumah yahhhhh..tapi kalo ogah en ngerasa ribet mending dateng aje ke Warung makan aku hehehehe* promosi lagiii*

Yang harus kamu siapkan :

1. Lap / serbet dua buah
2. Penset pencabut bulu… kethek.. ih… hiiii
3. Pisau yg tajam

Teknik mencabut duri.
• Hilangkan dulu sisik bandeng, karena kalau duri udah ilang, malah susah membersihkan sisiknya. Kecuali jika memang bangsa kucing, silahkan digoreng ama sisik.
• Buat tirisan di punggung bandeng, tp jangan sampai ke dalam nanti malah ada beberapa duri yg terpotong. Cukup disayat punggung dengan arah Sayatan dari Ekor ke kepala.
• Sayat dikit di ekornya agak ke dalam, mengikuti arah duri. Yang penting duri di ekor udah kelihatan dan bisa dijadikan pegangan.
• Sekarang Pegang Ekor dan kepalanya. Tarik perlahan-lahan ke arah ekor. Ini Penting… KE ARAH EKOR dengan tarikan kuat dan perlahan-lahan. Kalau kurang kuat, kepala bisa agak ditekuk sehingga berbunyi “KREKKK”.
• Setelah berbunyi, duri akan dengan sendirinya tercabut “hampir” seluruhnya.
• Sayatan punggung tadi bisa diteruskan lebih ke dalam hingga bandeng terbelah.
• Bersihkan kotoran bandeng
• Gunakan penset untuk menghabisi duri-duri halus yg masih tersisa. Sebenarnya sih kalau digoreng duri-duri tersebut udah akan hancur sendiri, tp emang lebih memanjakan mulut kalau betul-betul bersih. Ada sekitar 16 pasang duri halus yg tersisa.

Kesalahan-Kesalahan Pengolahan Bandeng
• Menyayat dari perut utk menghilangkan kotoran. Teknik ini akan sering menyebabkan pecahnya empedu di perut ikan, sehingga daging yg tercemar empedu jadi pahit.
• Memukul-mukul bandeng terlebih dahulu agar duri lunak. Jika teknik ini dipakai, duri bandeng tidak bisa ditarik lagi. Lagipula makin banyak duri yg patah, makin menyusahkan penemuannya.. hehehe..
Saat pertama teknik ini kuterapin, dibutuhkan waktu 1/2 jam utk satu ekor bandeng. Namun karena tenaga dalam udah makin tinggi, hanya 10 menit utk waktu sekarang.
Selamat menikmati bandeng tanpa duri…

So gampang bukan bacanya hehehe.. maka dari itu dari pada ribet,tangan bau en ikan bandeng makin tersiksa karna kesalahan praktekmu,mending ikuti saran aku tadi ,datang dan nikmati ikan bandeng no duri no keki di warung makan Rizqy * teutep promosi lagi plen hehehehe *.....
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...