7 September 2014

Bapak Budi Darmawan Buka Rahasia " How To Get Amazing Closing " di Workshop Axa


Bapak Budi Darmawan - Regional Directur AFI  Balikpapan

Axa Financial Indonesia Region A4 Balikpapan -

Setelah peluncuran  SMART KIDZ  dan event super seru di Hotel Jatra tanggal 30/8 kemaren,yang alhamdullilah luar biasa sukses.Awal September (4/9) ini,di kantor Besar Axa digelar Workshop yang di pimpin Bpk Budi Darmawan selaku Regional Directur Axa Balikpapan .Beliau di daulat utk share ilmu seputar selling skill serta mempresentasikan kepada semua agency tentang Tips and Trik agar bisa menjalankan prospek yang baik dan langsung Closing plus bagaimana merekrut agen baru..

Workshop digelar di lantai 3,dengan total peserta workshop sekitar 60-an orang yang terdiri dari para Agency Manager,Senior Agency Manager,Agency Directur,ada juga Head Trainer Region B - Bapak Ming En,para Trainner ( Mas Ronald dan Mba Rie ),mas David AGD, Office Crew dan tidak ketinggalan para Agen Agen yang super kece kaya saya pasti hadir.Karna tidak  mau ketinggalan utk nyontek ilmu yang bermanfaat  demi suksesnya karier di bisnis Asuransi Axa .
Betul gak ????

Apalagi sebagai Agen yang baru bergabung selama 5 bulan,pastinya otak saya belom secanggih Bpk Budi Darmawan.Saya masih  kurang confident utk ketemu calon nasabah,nerveus,gemeteran,ngomong masih suka kesendat sendat dan masih belom "IKHLAS".
YUp..Ikhlas adalah jargon ampuh saat Workshop yang dijadikan andalan Pak Budi Darmawan kepada peserta Workshop.Entah apa maksudnya,tapi kata "IKHLAS " sambil ngelus dada lumayan ampuh mencairkan suasana agar tetap asik selama Workshop berlangsung.

Saya paham utk agen pemula kaya saya,memang butuh donor ilmu GRATIS seperti ini.Bagaimana cara presentasi yang benar agar langsung closing sekaligus rekrut agen baru.Semua orang pasti setuju kalau seorang sales atau pamasar bisa dibilang jago dan master kalau sudah bisa menjual polis asuransi.Kenapa?Jelas saja... menjual asuransi adalah salah satu pekerjaan “terberat” dan “termulia” di alam semesta ini.Karena dalam menjual asuransi itu dibutuhkan mental yang sangat kuat.Seorang agen asuransi yang sukses pasti akan melewati penghinaan dan cercaan saat menjual asuransi.Belum lagi tantangan mental dari dia sendiri yang takut Klaim dari klien nya tidak dibayar.
Jujur saya happy ada di acara ini.Workshop dengan durasi 6 jam lebih ini,menonjolkan praktek presentasi ke nasabah.Semua peserta fokus mendengarkan,memahami plus menduplikasi MATERI dari Pak Budi darmawan tentang cara menpresentasikan produk tanpa bawa brosur,tanpa proposal apalagi gadget penunjang tapi cukup kertas kosong plus pulpen.Woww simple banget khan Bray...

Memang utk sukses presentasi hingga closing plus rekrut orang utk jadi agen itu tidak gampang,dan Bapak Budi yang ganteng ini memberikan banyak masukan bagaimana agar Agen Asuransi tetap semangat saat mencari calon nasabah dan tidak masuk daftar Agen MUNTABER.(Alias Mundur Tanpa Berita) Hehe..
Beliau mengatakan bahwa dalam dunia asuransi ada rumus perhitungan penjualan  misalnya setelah prospecting 10 orang akan closing 1.Jika kita tahu dan sadar dengan proses tersebut,kita akan lebih semangat dan terus prospecting,pantang menyerah (heheh).Biasanya sih kalau agen property 100 prospecting cuma dapat 1 closing,jadi masih lebih mudah jadi agen asuransi kan?

Kemudian Wajib Jaga semangat dan tambahin terus ilmu kita, bisa mengikuti seminar-seminar motivasi yang dibuat oleh perusahaan asuransi tempat kita  bekerja atau seminar dari pembicara nasional,seperti Tung Desem Waringin,James Gwee dan siapapun orangnya.Sesemangat apapun kalau terus menerus ditolak,pasti akan jenuh dan bosan juga.Karena itulah kita juga harus belajar cara berjualan yang baik dan benar dari yang terbaik di bidang kita.Bisa leader-leader kita,atau agen-agen terbaik di perusahaan kita Sehingga probabilitas keberhasilan akan semakin besar.


                                             

Beliau menambahkan jangan malu minta refrensi dari klien-klien kita,minta tolong kepada klien kita untuk memberi tahu kepada teman-teman mereka kalau asuransi itu penting.Minta supaya klien kita menceritakan kredibilitas dari perusahaan kita.Mayoritas orang akan lebih percaya pada temannya dari pada orang asing yang tiba-tiba datang menawarkan asuransi kepadanya.
Setuju ya temen-temen !!!

Saya ingat Trainner Axa  Mas Ronald Mamahit pada saat Grade 1 mengatakan,bahwa Asuransi ini sistemnya kepercayaan,maka Saat kedatangan pertama kita,jangan langsung menawarkan asuransi.Usahakan untuk menjadi teman dan membina hubungan dahulu dengan prospek kita.Seperti yang tadi saya katakan,mayoritas orang akan lebih terbuka dan lebih senang berbicara kepada temannya dari pada kepada Agen Asuransi yang tiba-tiba datang untuk menawarkan asuransi.

Perlu di ingat teman -teman,posisi kita jangan datang untuk merampas uang mereka,tapi datanglah untuk membantu masalah mereka.Coba diskusikan dan gali masalah-masalah keuangan dan kesehatan,serta masa depan prospek kita.Kemudian tawarkan bantuan untuk mereka,sehingga mereka akan senang karena merasa dibantu dan kita sendiri tidak akan merasa terlalu kecewa jika penawaran ini gagal.Karena dalam hal ini,kita yang mau membantu,jika prospek tidak mau dibantu,ya cari yang lain yang mau dibantu.
Gitu aja kok repottt,Hehehe..

Yang paling utama agar prospek kita berjalan baik di depan calon nasabah adalah memahami seluruh materi dan product knowledge dari perusahaan kita,biar jika ada pertanyaan dari calon nasabah,kita bisa jawab dengan mantap sehingga dapat menghilangkan keraguan dari calon nasabah kita.Dan di sinilah session yang paling seru yaitu RULEPLAY.Pak Budi mengajarkan cara berbicara yang baik dan benar agar calon nasabah tertarik menabung di perusaahan kita.Melatih cara berbicara dgn artikulasi yang jelas,detail dalam menjelaskan keuntungan dan kelebihan menabung di Axa daripada di bank Konvensional.Diulang terus menerus.Sampai kami semua hapal.Tapi ya gitU,meskipun cuma selembar kertas brosur,tetapi  butuh pendalaman karakter dalam menyampaikannya hehe,Namun sialnya gak semua langsung hapal cara mempresentasikan produk ke MR PROSPEK termasuk saya.Sumpah,session ini gokil banget,bikin spot jantung.
Karna hampir semua peserta galau untuk unjuk kemampuan menduplikasi apa yang di contohkan Pak Budi ke kami semua.Apalagi Ruleplay ini mewajibkan kita prospek didepan para Leader yang di setting menjadi juri sekaligus calon Prospek.Bisa di bayangkan bagaimana rasanya khan??
Grogi,bingung,takut salah,malu, deg deg kan,komplit deh!
Ada yang diulang hingga 10 kali, 5 kali,ada pula yang harus ikhlas bolak balik karna gagal menghapal kalimat prospek ajaran Pak Budi sampai jatuh sakit ( Agen Siti fatimah)maklum juri lumayan jutek,sekecil apapun salah kita " Nonsen " utk bisa LULUS.Tapi ada juga yang sukses membanggakan juri seperti Sahabatku Agen Arief dari Mutiara Group,dan disusul sahabat Agen lainnya.Good Job Bray.. Oya,Thanks untuk mas David AGD ( Agency Growth Department ) Axa,sudah membantu kelulusan saya di rule plays ini Akhirnya saya nongkrong di posisi ke -10  *tepok tangan pemirsah 

Lumayanlah.. urutan ke 10..

Teman teman,sesungguhnya maksud dari ruleplay ini adalah agar Kami punya mental sekuat Gatot Kaca dalam menghadapi calon nasabah yang beraneka jenis karakternya.Intinya Tidak mudah putus asa.Karna sekecil apapun kesalahan kita,akan berimbas saat calon nasabah merasa tidak yakin dgn cara kita menjelaskan,termasuk soal cara klaim.Sebab ini yang paling krusial,jadi kita harus dapat membuktikan,meyakinkan kalo perusahaan kita menjamin klaim akan dibayarkan dan proses klaim tidak bertele tele.Jangan lupa beritahu hal hal penting termasuk dokumen pribadi mereka sebagai syarat masuk asuransi.Jika semua sudah ok.. dijamin langsung closing..

Terakhir keberhasilan untuk sukses di dunia asuransi secara long lasting adalah harus merekrut orang menjadi agen dibawah kita.Ini sangat penting utk menunjang naiknya karier kita ke level berikutnya.Pak Budi berpesan agar tidak salah pilih dalam mengajak orang utk bergabung menjadi agen asuransi.Harus selektif.Cari orang yang jika kamu sendiri melihat dia,pasti kalian mau ikut asuransi.Dan orang yang bagus utk di rekrut adalah nasabah kita yg sudah memegang polis atau calon nasabah gagal prospek,bisa dijadikan agen.Jangan lupa jelaskan bahwa menjadi Agen Asuransi adalah cara mudah untuk sukses-kaya,karena kita mempunyai pisau bermata dua,bisa untuk menjual,bisa untuk merekrut.Kedua-duanya berpotensi menghasilkan uang bagi kita.Asalkan harus serius dan ambisius untuk berhasil dalam bisnis dan profesi ini.Kita tidak harus full time di bisnis ini,bukan? boleh saja untuk sementara profesi Agen Asuransi sebagai partime business, karena kita belum yakin akan besarnya penghasilan kita di situ.Yang utama lakukan sepenuh hati fokus dan Ikhlas..

Semoga dengan banyak pelatihan pelatihan bermutu seperti ini,saya dan Agen Agen lainnya bisa semakin baik lagi dalam melakukan prospek,kebal atas segala penolakan,Tidak malas malasan ketemu calon nasabah,menguasai selling skill,product knowledge,dan berakhir dengan closing yang indah.Wow..LUAR BIASA * sekali lagi tepok tangan donk..

                                

Kepada semua peserta Workshop kemaren.. ayo tingkatkan penjualan kita.Jangan pesimis karna jumlah penduduk Indonesia ini lebih dari 170 juta jiwa dan telah mempunyai KTP,jadi kalo satu orang gagal,masih banyak yang lainnya.so keep strong and don't give up..

Pesan terakhir saya.. 
Dalam setiap usaha,untuk mencapai kesuksesan rahasianya adalah "tidak ada rahasia ".
Kita bisa mulai menjual asuransi dengan style kita,dengan gaya kita,dengan ilmu yang berbeda beda.Trus mencoba,mencari dan menerapkan gaya mana yang paling bisa memperbesar kemungkinan closing dari prospecting kita.

Demi menunjang tulisan saya ini,yuk kita liat sekilas foto2 yang saya ambil saat workshop berlangsung.Sorry kalo gk komplit ya pemirsah..cheeerrrsss

salam cerdas 


















Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...