24 Februari 2011

Memilih Pasta Gigi



Produsen pasta gigi banyak mengeluarkan berbagai macam pasta gigi ada yang diberi rasa mint segar, buah-buahan, hingga herbal seperti daun sirih dan siwak. Ada pula yang ditambahkan pemutih gigi dan baking soda yang membuat rasa pasta gigi menjadi berbeda.


Di samping rasa pasta gigi yang berbeda-beda, penampilan pasta gigi pun beragam. Ada yang diberi warna biru, kombinasi putih biru, merah atau transparant.



Yang menjadi pertanyaan adalah bahan atau kandungan apakah yang sebenarnya betul-betul bermanfaat bagi kesehatan gigi dan mulut kita. Dari hasil penelitian di banyak negara fluoride merupakan bahan yang terbukti dapat menurunkan prevalensi karies. Penambahan zat adiktip sebagai desinfektan juga dapat membunuh kuman-kuman yang ada di plaque gigi hingga beberapa jam setelah melakukan sikat gigi. Bahan lain yang ditambahkan adalah pyrophosphates yang membantu mencegah timbulnya calculus (karang gigi). Beberapa merk pasta gigi juga menambahkan bahan pemutih gigi yang membantu untuk memutihkan gigi.


Karena tiap pasta gigi mempunyai kelebihan masing-masing, maka sebaiknya konsumen tidak hanya memakai satu pasta gigi saja tapi bergantian dengan merk yang lain. Namun pergantian pasta gigi ini tidak perlu dilakukan setiap hari, cukup dihabiskan satu tube pasta gigi kemudian baru diganti dengan merk yang lain.


Ada pula pasta gigi yang ditujukan untuk mengurangi gigi sensitif. Tapi yang perlu diingat adalah pemakaian pasta gigi ini tidak akan efektif apabila rasa ngilu yang timbul pada gigi tersebut disebabkan karena adanya lubang yang sudah mencapai syaraf gigi. Perawatan kasus demikian harus dilakukan oleh dokter gigi dengan cara melakukan perawatan saraf gigi (endodontic intra canal).


Pemakaian Pasta gigi yang mengandung bahan pemutih gigi juga tidak dapat membuat gigi menjadi putih cemerlang. Jadi, kalau warna giginya pada dasarnya sudah gelap atau kecoklatan karena antibiotik, giginya juga tetap coklat/gelap. Gigi tidak akan berubah menjadi putih cemerlang, paling hanya lebih bersih. Jadi konsumen jangan berharap banyak pada pasta gigi pemutih yang dijual bebas dipasaran. Pemutihan gigi hanya bisa dilakukan oleh dokter gigi.

Semoga bermanfaat
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...