20 Agustus 2015

Beberapa Kesalahan Orang Tua Yang Bikin Anak Down




BEBERAPA KESALAHAN ORANGTUA YANG MEMBUAT ANAK DOWN
Sebagai orangtua kita perlu mengetahui Beberapa Kesalahan Orangtua yang Membuat Anak Down, agar bisa menghindarinya.
Banyak orangtua yang disadari atau tidak melakukan dan mengatakan hal-hal yang membuat anak menjadi sakit hati, rendah diri alias minder, yang terburuk... anak jadi memiliki konsep negatif tentang dirinya sendiri.
Inilah beberapa kesalahan yang perlu orangtua jauhi:
1. Berkata kasar pada anak
"Dasar anak bodoh!"
"Kamu ini anak nakal!"
"Pelit banget sih kamu!"
Perkataan kasar ini akan segera membuat mental anak down dan ia sangat mungkin salah mengenai konsep dirinya sendiri. Kita sebagai orangtualah yang harus bertanggungjawab jika di masa depan anak kita benar-benar tumbuh menjadi anak yang bodoh, nakal dan pelit sebagaimana yang kita doakan.
2. Membandingkan anak dengan anak lain yang lebih hebat
"Coba dong kamu lihat si Dimas anak tetangga! Sudahlah rajin shalat, patuh sama orangtua, pinter pula di sekolah! Nggak kayak kamu..."
Siapa yang suka dibanding-bandingkan? Jika kita sebagai orangtua dibandingkan dengan orangtua lain kita pun akan sakit hati kan?
"Coba mama liat ibunya si Dimas, sudahlah baik, cantik, nggak pernah ngomong kasar, nggak kayak mama..."
Bagaimana pun, membanding-bandingkan anak kita dengan anak orang lain bukanlah cara yang tepat untuk memotivasi anak, bisa jadi ia akan benci pada anak tersebut, benci pada orangtua, atau bahkan membenci dirinya sendiri karena belum berhasil membanggakan orangtua.
Terima anak apa adanya, dan segera dapatkan metode yang lebih baik untuk memotivasinya menjadi anak shaleh/shalehah!
3. Menghukum anak dengan hukuman yang menyakiti fisik
Memukul anak dengan tangan atau benda keras, menjewer kupingnya, atau mencubit badannya hingga biru, merupakan bentuk-bentuk kekerasan yang berbahaya. Hukuman yang menyakiti seperti ini hanya akan membuat anak down, ketakutan, dan kehilangan kepercayaan pada kita sebagai orangtua.
4. Menelantarkan anak
Tidak memberi anak makan, tidak memandikan anak, dan tidak peduli anak tidur di mana, merupakan bentuk penelantaran anak yang sungguh mengerikan. Hal ini akan membuat anak merasa tidak dihargai, tidak berguna, dan perasaan rendah diri lainnya.
5. Eksploitasi anak tanpa mempedulikan perasaan anak
Mengeksploitasi anak juga akan membuat anak down jika tidak sesuai dengan minatnya, misalnya dengan mengikutsertakan anak ke ajang lomba ini-itu, diikutsertakan casting ini-itu, syuting sinetron ini-itu, lomba hafidz sekalipun, jika tidak berhati-hati maka bisa masuk dalam kategori eksploitasi, dan jika orangtua tidak memperhatikan perasaan anak, maka sangat mungkin anak justru merasa tertekan diperlakukan seperti ini.
Demikianlah 5 hal yang sebaiknya dihindari oleh orangtua, semoga bermanfaat.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...