7 September 2015

Wajib Punya ,Helm Anti BEGAL

Salah satu putra Bangsa Indonesia bernama NARA Berhasil Menciptakan Helm Terobosan Baru yang  di kasih nama "Helm Anti Begal".
Helm Temuan siswa SMAN 16 Surabaya inipun masuk dalam  kategori Finalis National Young Inventors Award (NYIA) ke-8 Tahun 2015 yang diselenggarakan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

"Helm anti begal itu idenya berasal dari rasa khawatir akan bahaya Pembegalan yang semakin marak terjadi terutama di daerah kelahiran Nara sendiri yaitu surabaya.

Berangkat dari hal itu, Nara mencoba membuat sebuah inovasi dari sebuah helm yang bisa dipakai saat terjadi pembegalan di jalanan.

Terus bagaimana helm itu bisa disebut helm anti begal?

Nara menceritakan helm buatanya itu dipasangi sebuah tombol yang terhubung dengan motor. Perangkat yang ada di helm merupakan bagian transceiver sedangkan perangkat di motor merupakan receiver.

"Kalau motor dirampas di tengah jalan, maka tombol yang ada di help bisa dipencet dan langsung terhubung dengan sepeda motor. Sepeda motor yang sudah dibawa kabur pembegal akan mengeluarkan alarm yang berbunyi kencang dan mesin motor otomatis mati," jelas Nara.

Dengan sistem ini, si pemilik motor bisa tahu di mana posisi motornya dan si perampok tak bisa membawa kabur motor jauh-jauh. Dia juga bisa dicurigai warga karena alarm di motor yang terus berbunyi kencang.Keren

Kelebihan helm ini adalah biaya modifikasi yang relatif murah, hanya sekitar Rp 200 ribu. Menurut Nara, inovasinya ini sudah dilirik oleh perusahaan helm AVS, bahkan biaya penelitian Nara juga di-support oleh perusahaan helm itu.

"Masih kerjasama sama AVS. Dari pihak AVS kalau saya ada penelitian di bidang helm mereka mendukung, jadi penelitian saya disupport sama mereka," katanya.

Wow kalo nanti "Helm Anti Begal "ini sudah dipasarkan enggak ada salahnya dicoba yah..

Sumber foto : detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kritik Dan Saran via Email : rnfitri1979@gmail.com

Terima Kasih Atas Komentar Kerennya Sobat..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...